Untuk Memberikan Rasa Nyaman Di Dalam Lapas, Petugas Lapas Bersama Kalapas Kelas IIB Teluk Kuantan Melakukan Penggeledahan Isidentil di Setiap Kamar WBP

Senin, 05 September 2022 | 22:14:42 WIB

Kuansing- Untuk menjaga kenyamanan WBP dan penyelundupan barang-barang terlarang untuk masuk dalam Lapas Kelas IIB Teluk Kuantan, Pada Senin malam (05/09/2022) sekira Pukul 20.00 WIB. Seluruh pegawai Lapas Kelas IIB Teluk Kuantan berkumpul di ruang Aula Lapas untuk melaksanakan apel persiapan penggeledahan.

Kasatops Patnal sebagai pemimpin apel memberikan arahan kepada seluruh pegawai yang akan melaksanakan penggeledahan.

Kelapa Lapas Teluk Kuantan Bejo, A.Md.I.P., S.H., M.H di dampingi oleh Humas Lapas Kelas IIB Teluk Kuantan Aldino Octalaverta, SH.,MH sebagai pemimpin kegiatan mengawasi apel persiapan penggeledahan.

Setelah melaksanakan apel, Seluruh pegawai mengambil tempat sesuai perintah Kasat OPS Patnal.

Dalam keterangan Kepala Lapas Kelas IIB Teluk Kuantan Bejo mengatakan Giat ini sesuai Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2013 tentang Tata Tertib Lapas dan Rutan.

"Kemudian, Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2015 tentang Pengamanan pada Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara", ujar Bejo.

Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS- 126.PK.02.10.01 tahun 2019 tentang Langkah-langkah progresif dan serius upaya pemberantasan Narkoba di Unit Pemasyarakatan, katanya.

Instruksi Pimpinan Nomor W4.PK.02.10.01-0341 Tanggal 17 September 2021 terkait Tindak lanjut antisipasi kejadian kebakaran dan Gangguan Kamtib.

"Instruksi Kakanwil No. W4.UM.01.01-6720 tanggal 13 Desember 2021 Perihal Penguatan Pengamanan dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru 2022,"pungkasnya.

Kemudian ditempat yang sama Humas Lapas Kelas IIB Teluk Kuantan Aldino Octalaverta, SH., MH juga menyebutkan bahwa Penggeledahan di laksanakan di 3 kamar. Dengan rincian 2 Kamar blok laki-laki dan 1 Kamar blok perempuan.

"Proses penggeledahan dilaksanakan sesuai prosedur yang telah di tentukan. Dengan mengeluarkan WBP yang berada di kamar hunian. Dan di bariskan di lapangan blok,"ujar Aldino.

Sebelum melakukan penggeledahan tadi pimpinan memberikan arahan kepada seluruh WBP yang berbaris di lapangan blok. Penggeledahan berlangsung kondusif dan aman, tambah Aldino.

Dari hasil penggeledahan, ditemukan 1 buah sendok besi, 1 buah patahan kayu, 4 buah mancis, 1 buah alat pembuat jaring, 5 buah peniti, 3 buah peralatan kipas rusak, 1 buah penutup kipas, 2 gulungan kabel, 1 buah lampu, 1 buah botol kaca, 5 buah penjepit buku besi, 1 kotak kartu domino.

Kemudian 1 buah penyangga besi, 1 buah alat musik, 1 potongan amplas, 1 buah kipas rusak, 1 buah pena, 1 botol hand sanitizer, 1 botol sabun muka, dan 2 cup micin.

Terkini