Imbau Jaga Netralitas, Wabup Inhu Tegaskan akan Tindak ASN yang Berpolitik

Imbau Jaga Netralitas, Wabup Inhu Tegaskan akan Tindak ASN yang Berpolitik

RENGAT - Wakil Bupati (Wabup) Indragiri Hulu (Inhu), H Khairizal SE, M.Si mengimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Inhu agar dapat menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis.
 
Ini mengingat, tahun 2018 merupakan tahun politik dimana sejumlah daerah termasuk Provinsi Riau turut menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak.
 
Hal itu ditegaskan Wabup Khairizal saat bertindak selaku inspektur upacara 17 hari bulan yang digelar di Halaman Kantor Bupati, Rabu (17/1/2018) pagi.
 
“Saat ini, aturan terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada pilkada 2018 sudah semakin ketat. Jangankan berpihak, berfoto selfi bersama calon kepala daerah dan disebarkan kepada orang lain termasuk media sosial akan mendapatkan sanksi,” jelas Wabup Khairizal.
 
Menurut Wabup, netralitas ini merupakan wujud dari kedisiplinan ASN yang tertuang dalam PP nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil.
 
“Larangan ini, diterapkan sebagai upaya pemerintah mengantisipasi dan mencegah adanya penggiringan opini terhadap calon kepala daerah. Dengan begitu, netralitas aparatur sipil negara (ASN) terjaga dan diharapkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun ini dapat berjalan lancar,” tambah Wabup.
 
Bahkan, dalam kesempatan itu Wabup Khairizal juga menekankan akan menindak ASN yang ikut menjadi tim sukses pasangan calon dalam Pilkada 2018. “Jangan menjadi pahlawan kesiangan. Jika ingin berpolitik, silahkan keluar dari PNS dan terjun langsung dalam politik secara total,” tegasnya.
 
Seperti diketahui, upacara 17 hari bulan ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di tahun 2018. Diikuti seluruh ASN di lingkungan Pemkab Inhu, jalannya pelaksanaan upacara pun berlangsung lancar dan khidmat.

Sumber: Weriau.com


Berita Lainnya

Index
Galeri