Sudirman Said: Mahasiswa Dari Dusun Tak Boleh Minder

Sudirman Said: Mahasiswa Dari Dusun Tak Boleh Minder
Sudirman Said

SEMARANG - Para mahasiswa adalah calon pemimpin bangsa. Masa depan bangsa Indonesia tergantung pada generasi muda saat ini, utamanya kaum terpelajar seperti mahasiswa.

"Sebagai calon pemimpin, mahasiswa tidak boleh minder, meskipun berasal dari dusun," kata bakal cagub Jateng Sudirman Said saat memberikan motivasi di kepada sekitar 6.400 mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang (Unnes), Sabtu (19/8/2017) di Kampus Unnes, Semarang.

Selain Sudirman Said, hadir dalam kesempatan itu mantan Panglima TNI Jenderal (Pur) Moeldoko dan Wisnu Suhardono, Ketua DPD Golkar Jateng.

Keduanya juga ikut memberikan motivasi kepada ribuan mahasiswa baru Unnes Angkatan 2017. Sudirman memberikan contoh banyak orang dusun yang berhasil menjadi pemimpin.

"Pak Wisnu orang dusun. Sekarang jadi pengusaha yang sukses. Pak Moeldoko orang desa, juga berhasil menduduki posisi tertinggi di TNI," lanjut Sudirman.

"Dan kalau soal siapa yang lebih "ndeso", saya ini lebih dusun dari Mas Wisnu. Tapi berkat pendidikan saya diberi amanah untuk mengurus sejumlah institusi penting," lanjut Sudirman.

Menurut Sudirman, saat ini yang akan sering ditanya adalah bukan Anda anak siapa dan berasal dari mana? Melainkan Anda bisa apa dan sudah pernah berbuat apa?
"Jadi darimana pun kita berasal kalau kita punya keahlian akan dicari orang," imbuh Sudirman.

Karenanya Sudirman berpesan agar generasi muda, khususnya mahasiswa menempa diri guna mendapat keahlian dalam berbagai bidang. Sehingga memiliki daya saing yang kuat.

Selain keahlian, integritas pribadi juga diperlukan. Orang yang memiliki integritas mampu bertahan dalam iklim apa pun.

Tiga kekuatan harus dibangun kalau kita mau jadi Pemimpin yang baik. Kekuatan intelektual, kekuatan mental, dan kekuatan spiritual.

"Kalau ketiganya dibangun dengan seimbang, dan dijaga dengan baik kita akan mampu bertahan dalam segala cuaca," kata Sudirman. (fery/tribunnews.com)


Berita Lainnya

Index
Galeri