Raja dan Ratu Swedia Bawa Isu Lingkungan ke Indonesia

Raja dan Ratu Swedia Bawa Isu Lingkungan ke Indonesia
Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia.
JAKARTA - Pimpinan monarki Swedia, Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia diagendakan mengunjungi Indonesia besok (22/5/2017). Ada sejumlah agenda yang diusung Raja dan Ratu Swedia dalam kunjungannya kali ini.
 
Isu lingkungan dan konservasi alam menjadi perhatian utama Raja Swedia dalam kunjungannya. Fokus utama Swedia pada masalah lingkungan disebut menjadi salah satu alasannya.
 
Seperti diketahui, Swedia masuk dalam salah satu negara terbaik untuk urusan lingkungan. "Swedia memiliki reputasi global untuk mempromosikan isu lingjungan dan sejumlah isu lain yang menjadi sorotan dunia, seperti masalah bantuan kemanusiaan," bunyi pernyataan resmi di situs Kementerian Luar Negeri RI.
 
Presiden Joko Widodo dijadwalkan menerima kunjungan Raja dan Ratu Swedia di Istana Bogor, Senin (22/5/2017). Selama di Bogor, Raja dan Ratu Swedia juga diagendakan mengunjungi pusat penelitian hutan internasional CIFOR.
 
Dilaporkan Antara, pemerintah Swedia, Indonesia, dan CIFOR akan berbagi visi untuk menciptakan dunia yang berkelanjutan, dengan peran kunci untuk penelitian dan inovasi kehutanan. Salah satunya mengenai undang-undang yang berlaku lebih dari 100 tahun di Swedia yang mengharuskan untuk menanam kembali pohon yang sudah ditebang.
 
Selain isu lingkungan, Swedia juga ingin memperkuat kerjasama di bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan. Dalam lawatannya, Raja dan Ratu Swedia juga diagendakan mengunjungi Bandung untuk melakukan pertemuan dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.
 
Upaya peningkatan perdagangan, investasi, dan jumlah kunjungan wisatawan antara kedua negara juga tak luput dalam pembahasan pertemuan kedua pimpinan negara. 
 
Raja Carl XVI Gustaf sebelumnya sudah pernah ke Indonesia pada tahun 2012. Sementara bagi Ratu Silvia ini menjadi kunjungan pertamanya sejak hubungan diplomatik dengan Indonesia pada tahun 1952. (ade/cnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri