Buka MTQ ke-14 Kecamatan Pinggir, Amril: Alquran Lampu Penerang Hati

Buka MTQ ke-14 Kecamatan Pinggir, Amril: Alquran Lampu Penerang Hati
Bupati Bengkalis Amril Mukminin membuka perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-14 tingkat Kec
BENGKALIS - Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Sabtu malam (25/3/2017) mengatakan, Alquran adalah lampu penerang hati dalam menembus gelapnya lika-liku hidup dan kehidupan serta sebagai benteng yang kokoh yang ampuh untuk menahan godaan yang menyesatkan. Demikian yang dikatakannya saat membuka perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-14 tingkat Kecamatan Pinggir, di Desa Pinggir.
 
Ditambahkannya, Alquran juga merupakan kitab suci yang syarat dengan inspirasi dan motivasi, agar umat manusia memperluas wawasan, memperdalam ilmu pengetahuan, menyempurnakan akhlak, serta menciptakan generasi-generasi rabbani nan qurani, yang handal dan berakhlakul karimah.
 
”Meskipun hari berganti minggu, bulan berganti tahun, azam bersama yang terformulasi dalam tema MTQ ke-14 ini, tak boleh lapuk oleh hujan, tak boleh lekang oleh panas. Harus senantiasa menjadi lampu penerang yang tak boleh berhenti bersinar. Menjadi penerang setiap upaya kita, dalam menjadikan masyarakat Islam di Pinggir ini, sebagai masyarakat qurani,” ungkapnya.
 
Lebih lanjut Amril menegaskan, salah satu upaya umat Islam, dalam menjadikan Alquran berfungsi sebagai lampu penerang, dengan melaksanakan MTQ. Karena melalui MTQ, ada satu makna yang terkandung di dalamnya, yaitu makna ekspresif, yakni makna yang dipahami oleh setiap personal.
 
Hakikinya, kegiatan MTQ bertujuan mensyiarkan agama Islam dengan Alquran, namun secara pribadi banyak yang menjadikan MTQ sebagai ajang motivasi, meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Alquran. itulah makna ekspresif yang dimaksud.
 
”Apabila umat Islam di Kecamatan Pinggir ini bisa memetik makna ekspresif, maka hal itu akan menjadi satu anak tangga untuk membangkitkan masyarakat yang qurani.  Selain itu, umat Islam di kecamatan pinggir ini juga telah berkontribusi nyata untuk melangkah menaiki anak tangga berikutnya untuk bersama-sama mempercepat terwujudnya visi Kabupaten Bengkalis 2016-2021,” tandasnya.
 
tema MTQ ke-14 Kecamatan Pinggir ini adalah, sebagai momentum kebangkitan untuk menjadikan umat Islam yang qurani guna mewujudkan Kabupaten Bengkalis sebagai model negeri maju dan makmur di Indonesia.
 
Turut hadir pada pembukaan MTQ ke-14 tingkat Kecamatan Pinggir, Plt Sekretaris Daerah Bengkalis Arianto, Kapolres Bengkalis AKBP Hadi Wicaksono, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Rizal Faizal Helmi, Kepala Kantor Kementerian Agama Bengkalis Jumari, anggota DPRD Bengkalis Dapil Pinggir Susianto SR, sejumlah penjabat di lingkup Pemkab Bengkalis, Camat Pinggir Jamaludin, serta para tokoh masyarakat setempat.
 
Kegiatan yang dipusatkan di lapangan bola Desa Pinggir ini, diikuti kafilah dari 19 kelurahan/desa. Sebelum pembukaan MTQ, Ketua TP PKK Kasmarni didampingi Bupati Bengkalis membuka secara resmi bazar MTQ yang ditandai dengan pengguntingan pita. Kemudian dilanjutkan dengan meninjau 19 stand bazar dari desa kelurahan. Setiap stand memamerkan berbagai produk, seperti kerajinan, hasil pertanian maupun makanan khas. (fan/hms)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri