Geser Denmark, Norwegia Didaulat sebagai Negara Paling Bahagia di Dunia

Geser Denmark, Norwegia Didaulat sebagai Negara Paling Bahagia di Dunia
Norwegia menggeser posisi Denmark sebagai negara yang paling bahagia di dunia.
JAKARTA - Norwegia menggeser posisi Denmark sebagai negara yang paling bahagia di dunia, dalam laporan ‘World Happiness Report 2017’ dari Sustainable Development Solutions Network (SDSN), inisiatif global yang diluncurkan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) sejak 2012.
 
Dilansir dari Reuters pada Senin (20/3), negara beribukota Oslo itu disebut paling bahagia di antara 155 negara di dunia, karena pemerintahnya berhasil membangun kestabilan sosial dan kesetaraan yang kemudian meningkatkan kesejahteraan penduduknya.
 
SDSN membuat laporan tersebut berdasarkan enam faktor, yaitu pendapatan kotor per kapita, harapan hidup sehat, kebebasan, kemurahan hati dan kehidupan sosial penduduknya serta kasus aksi korupsi di industri dan pemerintahannya.
 
“Negara yang bahagia adalah negara yang kesehatan dan kehidupan sosial penduduknya terjaga, tidak ada kesenjangan, sehingga membuat pemerintahnya semakin percaya diri untuk mengembangkan negaranya,” kata Direktur SDSN, Jeffrey Sachs, yang juga penasehat khusus untuk Sekertaris Jenderal PBB.
 
Negara lain yang masuk dalam posisi sepuluh teratas ialah Islandia, Swiss, Finlandia, Belanda, Kanada, Selandia Baru, Australia dan Swedia.
 
Sementara itu, Jerman berada di posisi ke-16, Inggris di posisi ke-19, Perancis di posisi ke-31 dan Amerika Serikat (AS) di posisi ke-14. Indonesia berada di posisi ke-81, setelah Pakistan dan sebelum Venezuela.
 
Sedangkan Yaman, Sudan Selatan, Liberia, Guinea, Togo, Rwanda, Suriah, Tanzania, Burundi dan Afrika Tengah berada di posisi sepuluh terbawah.
 
Sachs mengatakan kalau posisi AS turun dari tahun sebelumnya dikarenakan faktor drama politik di negaranya. “Laporan ini akan menjadi bahan untuk pemerintah agar mengembangkan negaranya lebih baik lagi,” ujar Sachs.
 
“Negara lain mungkin saja bisa mengikuti langkah Uni Emirat Arab yang memiliki Menteri Kebahagiaan untuk meningkatkan kesejahteraan penduduknya,” lanjutnya. (max/cnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri