Wow, Rp40 Miliar APBD Dikucurkan untuk Pilkada Pekanbaru

Wow, Rp40 Miliar APBD Dikucurkan untuk Pilkada Pekanbaru
Ilustrasi

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bakal menggelontorkan anggaran untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sebesar Rp40 miliar. Anggaran itu diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Murni dan APBD Perubahan 2016 Kota Pekanbaru.

Demikian dikatakan Pelaksana tugas (Plt) Badan Pengelola Keuangan Aset dan Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru, Alex Kurniawan kepada Wartawan. Kata dia, pengajuan pada APBD murni 2016 sudah dicairkan. Sedangkan untuk pengajuan di APBD Perubahan pencairannya masih menunggu proses verifikasi di tingkat Provinsi.

"Kita anggarkan di APBD murni dan perubahan totalnya sekitar Rp 40 miliar," kata Alek, Selasa (18/10/2016) di Pekanbaru.

Ia menjelaskan, pengajuan yang sudah dicairkan untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebesar Rp18 miliar dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) sebesar Rp4 miliar yang dianggarakan di APBD murni Pekanbaru 2016.

Jadi, total yang sudah dicairkan di APBD murni sudah Rp22 miliar. Kemudian ada juga di Satpol PP Kota Pekanbaru yang bersifat kegiatan, seperti pengadaan baju, dan perekrutan anggota Linmas dan di Kesbangpol untuk kegiatan sosialisasi ke masyarakat agar jumlah pemilih meningkat.

Mengenai anggaran di Satpol dan Kesbangpol, Alek enggan berkomentar banyak. "Besarannya tanya lansung ke SKPD," kata Alex.

Sedangkan di APBD Perubahan 2016 Pekanbaru, kata Alex dianggarkan kembali untuk KPU sebesar Rp11 miliar, Panwaslu Rp1 miliar. Kemudian biaya pengamanan oleh Polresta Pekanbaru sebesar Rp5 miliar.

Lanjutnya, pengamanan lain, seperti Kodim sebesar Rp500 juta. Sambil berjalan, ia minta Polresta, Kodim, KPU dan Panwaslu mengajukan permohon pencairan. Untuk kekuranngan anggaran yang diajukan oleh pihak-pihak yang dilibatkan dalam Pilkada akan kembali direalisasikan pada APBD Murni 2017.

"Nanti kita siapkan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NHPD), karena APBD Perubahan sedang diverifikasi. Jika selesai maka bisa dicairkan," tutupnya. (das)

 

 


Berita Lainnya

Index
Galeri